Monday, August 08, 2005

Dua Kecerdasan

Bahwa sesungguhnya kecerdasan [ilmu pengetahuan] bukan hanya bisa kita peroleh melalui pendidikan formal saja tetapi banyak sumber-sumber ilmu pengetahuan lain yang bisa kita dapatkan. Sejatinya sumber ilmu pengetahuan adalah didalam diri kita sendiri. Terlalu seringnya kita mencari pengetahuan diluar diri kita sendiri sementara diri kita sendiri adalah sumber pengetahuan itu sendiri.
Bersyukurnya saya mengenal yang namanya Blog. Mungkin inilah sarana saya untuk dapat belajar mengenal diri saya lebih jauh, bereksplorasi, menggali potensi diri serta melatih otak pikiran dan hati saya untuk senantiasa bertafakur. Saya pun masih dalam proses belajar. Seringnya saya menuliskan apa yang saya rasakan, apa yang saya lihat atau baca, apa yang saya dengar dan apa yang saya alami, semua lebih mengarah kepada proses mengenal diri lebih jauh dan bukan hanya sekedar ikut-ikutan. Dan saya selalu berharap dan berdoa semoga ada mamfaat serta kebaikan didalamnya.
Berbicara tentang kecerdasan, Rumi pernah berujar:
Kecerdasan terdiri atas dua: pertama kecerdasan berproses, kalian memperolehnya sewaktu kecil dibangku sekolah. Dari buku, guru, perenungan dan ingatan, dari berbagai konsep, dari ilmu pengetahuan, yang unggul maupun masih perawan [masih dikaji]. [melalui sarana tersebut] kecerdasan kalian menjadi lebih unggul dibanding kecerdasan yang lainnya. Tapi memelihara pengetahuan tersebut [menyimpannya dalam ingatan] akan membebani kalian.
Kalian [yang disibukkan dengan] berkelana dan berpergian[untuk mencari ilmu] adalah pemelihara[perekam]tulisan, catatan yang dipelihara itu adalah juga yang akan dilampaui.
Kecerdasan lainnya adalah karunia Tuhan. Pondasinya ada dikedalaman hati. Ketika air pengetahuan pemberian Tuhan mengalir dari dada, ia tidak membusuk, atau tua, atau layu.
Dan jika jalurnya ditutup, tak akan ada kerugian? Karena ia akan terus mengalir dari rumah [hatinya]. Kecerdasan yang diperoleh mirip dengan pipa yang tersalur dari jalan ke dalam rumah. Jika saluran ke rumah ditutup, air tidak bisa masuk. Jadi, carilah sumber mata air dalam dirimu sendiri.
Source:Tumbuh Sehat dan Bermakna [Transformasi diri menuju kesadaran sejati] by A Reza Arasteh
yglagitrusblajar,

achul

Semua adalah Guru

 Alam terbentang menjadi Guru, pepatah tua yang penuh makna ini tentu bukan sekedar kata-kata biasa. Kita belajar dan bisa mengambil pelajar...