Wednesday, May 25, 2005

Senam Pernapasan (Bag 1)

Rabu, 5 menit menjelang jam pulang kantor.
“gw gak bisa niy janjian abis pulang kantor, gw ada senam nanti malam”, Bang Jul menjawab pertanyaan telp dari seorang temen yg mo minta tolong sehabis jam kantor.
“Hahh..!!!” Dengan ekpresi terkejut kyk abis disengat listrik 1000 KW. Duh parah banget yak terkejutnya.
“Loe ikutan senam..???”, temen Bang Jul melanjutkan pertanyaan.

“Senam apaan siy..?, SKJ yahh atau senam Tera atau senam hamil atau senam bayi yahh..??”.
What..??? senam hamil..??? (gedubrakksss...*hampir pingsan..)
Bang Jul terpana mendengar pertanyaan temennya. Dalam hati Bang Jul, prasaan sejak dari jaman Nabi adam ampe hare genehh gak ada deh cowok yg bisa hamil..?? mungkin bukan senam hamil, pikir Bang Jul, tp senam menghamili kalee... (sambil senyam-senyum). Trus senam bayi, kok bisa bilang senam bayi...? Owhh..., Bang Jul tersadar, mungkin karena wajahnya yg mirip baby face kegencet pintu. Bang Jul coba membayangkan dalam suatu kegiatan di senam bayi tiba2 sang instruktur memberikan intruksi,
"Coba itu bayi yg dah punya jenggot (menunjuk ke arah Bang Jul) di angkat tangannya keatas..(sambil menunjuk langit2)."
Bang Jul yg ditunjuk sperti itu langsung kelagapan dan menyadari bahwa memang dia doank bayi yg udah punya jenggot (kan aneh tuhh..... lalu meratapi nasib... *nasib...nasib...).
Dan memang hampir setiap orang yg Bang Jul beritahu kl dia ikutan senam, menganggap Bang Jul tuh ikutan senam kyk jaman SD dulu, palingan senam SKJ dengan musik SKJ nya yg kl diperhatiin suara musiknya kyk gini niy “teng..terengteng..teng…teng…terengtengteng… dst . Fiuhh… dalam hati Bang Jul bilang, itu musik bukan musik SKJ pantesnya tapi musik 'tengteng' ajah namanya.
“Iyahh…., gw sekarang ikutan senam, tp bukan senam SKJ atau Tera atau senam jaman SD dulu lahh..”. Bang Jul menjawab dengan intonasi pembelaan karena takut dituduh kalo emang ternyata Bang Jul bener ikutan senam yg temennya maksud itu bisa jadi disebabkan karena banyak cewek-ceweknya. Ahahh.. Bang Jul tau jalan pikiran temannya, Damn, Shit… mentang2 Bang Jul "single fighter". (Huahahaha…).
”Senam yg gw ikutin itu senam pernapasan tauk….” Cukup kyknya penjelasan Bang Jul dan akhirnya temen Bang Jul mengakhiri percakapan dengan berkata,
"Owhh.., ok. Met ketemu cewek-cewek yahh, eh maksudnya, met senam bareng cewek-cewek…” Sambil ketawa cekikikann kyk makhluk-makhluk yg dikejar-kejar dalam salah satu serial di TV Swasta “Satu malam Mengejar Setan…”.
Tp gpp, akhirnya berakhir jg penderitaan Bang Jul menjawab pertanyaan2 temennya yg pengen tau banget alasan Bang Jul cm gara2 gak bisa bantuin or nolongin temennya abis jam pulang kantor.

to be continue..........


by: Achul

Monday, May 23, 2005

Peluk Erat Kesedihann

Title diatas gw tulis karena peristiwa yg baru aja dialami sm temen gw. Beberapa minggu lalu (atw beberapa hari lalu mungkin) temen kuliah gw yg biasa di panggil Mamang mengalami kecelakaan motor dalam perjalanan Jakarta-Bogor.

Stelah mendapat kabar itu, ternyata si mamang online dan gw pun chat sm dia. entah bagaimana dia bisa online dalam keadaan yg katanya parah dan ternyata emang bener parah karena kakinya patah dan harus di operasi pemasangan pen(pen ini pernah jadi obrolan di milist karena artinya yg sebagian orang mengartikan sebagai pulpen. Duh plis dehhh.. how come gitulohh or since when pulpen tuh bisa di pasang di kaki yg patah itu, jawabannya adalah since dokter udah gak menemukan cara lagih dan saking putus asanya nanganin orang patah tulang, apapun jadi dehh. hehehe....:D ).

Temen gw menganggap bahwa kejadian ini emang jatahnya dia ataw smua orang emang punya jatahnya masing2. but I definitely disaggre with him. coz apapun yg terjadi emang sudah kehendak Nya dan atas Izin Nya. dalam salah satu ayat disebutkan (maaf skali lagi, gw lupa nama dan no surat nya). "Dengan nama Allah, tidak ada sesuatu musibah apapun yg terjadi di bumi dan di langit, kecuali atas izin Nya". OKI, emang ini sudah ketentuan Allah, kita tidak bisa menghindarinya. biarpun kita sudah berhati-hati dijalan tp kl emang sudah kehendak Nya, sapa yg bisa menghindar coba..???.

Tetapi Insya Allah dari kejadian ini kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari nya. Setidaknya waspada memang perlu, berdoa apalagi. Mudah2an dalam perjalanan kita senantiasa dilindungi oleh Allah yg Maha Pengasih dan Penyayang. Untuk mamang, smua berasal dari Allah dan akan kembali kepada Allah. Insya Allah dan mudah2an Allah segera mengembalikan dan memulihkan kesehatan mamang sehingga dapat segera beraktifitas kembali seperti semula. dan smoga rasa sakit yg dirasa menjadi penggugur dari dosa-dosa mamang, Aminn...

Oia, kl gak salah sesudah peristiwa itu terjadi, mamang mengirim imel ke milist tentang "Berpelukan dengan kesedihan". Then I know why u sent this to us. Mudah2an kesabaran dan keikhalasan yg senantiasa menyertai orang2 yg tengah di rundung kesedihan. karena orang-orang seperti ini senjatanya hanyalah DOA. Tidak jarang karena hati yg ikhlas, doanya pun terkabulkan. Amiinnn


Berikut bait kata dalam "Berpelukan dengan kesedihan"


Kesenangan adalah kesedihan yang terbuka kedoknya
Tawa dan airmata datang dari sumber yang sama
Semakin dalam kesedihan menggoreskan luka ke dalam jiwa
Semakin mampu sang jiwa menampung kebahagiaan

Tidak ada kehidupan yang tidak diwarnai oleh kesedihan.
Diundang maupun tidak, ia akan senantiasa datang.
Banyak kejadian bahkan terbukti, semakin ia dibenci dan ditakuti,
Semakin ia senang dan rajin berkunjung ke diri kita.
Maka, sengsaralah hidup mereka yang membenci kesedihan.

Kesedihan dan kegembiraan adalah dua saudara kembar
yang melakukan kegiatannya secara bergantian.
Keserakahan, atau sebaliknya kekhusukan doa manusia
mana pun tidak akan bisa membuat dua saudara kembar ini berpisah.
Ia seperti dua sayap dari seekor burung.
Dibuangnya salah satu sayap, adalah awal dari celakanya
"burung" kehidupan.

Tanpa kesedihan, jiwa manapun tidak akan memiliki daya tampung
yang besar terhadap kebahagiaan.
Ketika kita bercengkrama dengan kebahagiaan di ruang tamu,
kesedihan sedang menunggu di pembaringan.

Persoalannya adalah, punyakah kita cukup keberanian dan kesabaran
untuk berpelukan mesra dengan kesedihan?
Inilah sebuah kualitas pribadi yang dimiliki oleh sangat sedikit orang.
Untuk menerima kebahagiaan, kita tidak memerlukan terlalu banyak kedewasaan.
Akan tetapi, untuk berpelukan mesra dengan kesedihan,
diperlukan kearifan dan kedewasaan yang mengagumkan...

(Kahlil Gibran)


wuahhh, ternyata sang empu yg berkata-kata. :)

Seputar Dunia Fauna (Fakta Seksual)

Gw sebenarnya gak terlalu tau banyak tentang Dunia Fauna yg notabene masuk dalam kategori ilmu Biologi. Kl Biologi cb di jabarkan artinya, Bio itu artinya kehidupan, logi itu artinya loe lagi. Jadi Biologi itu ilmu yg mempelajari tentang kehidupan loe lagi. *masak gak ngerti jg sihh.. gih buka kamus..!!!, loe yg salah atw gw yg lagi kumat..??? :D

Disuatu kesempatan, gw membaca sebuah buku karangan Isman H Suryaman tentang Bertanya atau mati yg salah satunya membahas sputar dunia fauna. Pada bagian bab tersebut dicritakan tentang Fakta Seksual dunia fauna (wuahhh….. bagian ini niy yg ditunggu-tunggu, pasti pada pengen tau donk, kl ajah dunia fauna sm kyk dunia manusia. Huahahaha… :). Kl dah ngomongin seksual pasti gak jauh-jauh donk dari alat kelamin. Yup bener, ternyata emang salah satu yg paling menakjubkan adalah ukuran dari alat kelamin itu sendiri.

Apakah kelian tau or pernah denger jenis paus yg bernama Rorqual dgn nama latin Balaenoptera physalus..??? (kagak tau yahh..?? sm donkk sm gw, gw jg suka tidur kl lagi pelajaran biologi kecuali pas lagi ngebahas alat2 repodruksi. Huehehehe…) ternyata paus ini memiliki panjang penis yg dapat mencapai hingga 3 meter dengan diameter 30 cm (whuaaaa…….. edan tenann rekk..). mangkanya, kl kelian lagi maen ke laut (tentu bukan dlm misi "kelaut ajeehh" karena dibilang matre yee..) trus tiba2 melihat paus betina nya berenang-renang dengan riang gembiranya dan begitu ceria, kalian sudah mendapatkan jawabannya. (absolutely ur answer is right..!!!).

Dan ternyata keadaan sebaliknya bagi dunia serangga yg memiliki penis terkecil bahkan paling terkecil di dunia. Ukurannya hanya 10 mikron (1 mikron=1/1000 milimeter). Mangkanya, jangan heran kl tiba2 kelian nemuin mereka diam-diam antre disalah satu cabang pijat Mak Erot (mungkin jg satu antrian sm loe2 pada kalee.., gw mah kagak dehh.. :p )

Hal lain yg menarik adalah ternyata ada asosiasi antara rayuan gombal seorang cowok yg ingin mengajak bercinta kekasih/pasangannya dengan bentuk sperma hewan. Kalo anda seorang cewek, kemudian cowok anda merayu dengan kalimat “Sayangku…., bagaimana kalo malam ini kita menikmati indahnya Bintang..”(penekanan pada kata Bintang, naek 10 oktaf). sadarilah bahwa cowok anda sedang mengajak anda bercinta. Kalimat itu sendiri terinspirasi dari bentuk sperma udang galah (Astacidae) yg berbentuk bintang. Mangkanya setiap kali udang galah jantan ingin melakukan perkawinan dengan udang galah betina, kalimat itu yg diucapkannya. (huahahaha…. Serius amat sih baca nyaa…:p)

Ternyata dari sedikit membaca membawa banyak pengetahuan jg. Smoga tercerahkan. Amiinnn….




Tp tunggu dulu…, dari apa yg gw critakan tentang ukuran alat kelamin kedua spesies diatas, apakah kalian yg membaca ini mengamini dan takjub dengan ukuran alat kelamin itu..??? ataw kalian punya pandangan atau argumen lain tentang hal itu…??? Gw sendiri punya pendapat mengenai ukuran kelamin tersebut. Cuma gw ingin tau ajah, apakah kalian punya pendapat yg sm atau beda sm gw. Baiklah, silahkan kirim komentar atau pendapat kalian. Kita samakan persepsi atau pandangan mengenai hal tersebut. Sekali lagi, smoga tercerahkan..!!! aminnn…..

Saturday, May 21, 2005

Dian Sastro feat Too Phat (Alhamdulillah)

Secara gak sengaja, kira2 beberapa bulan yg lalu, gw mendengarkan sebuah lagu di sbuah radio swasta Jkt yg namanya sm dengan merk sbuah rokok (jgn nebak Marlboro, A Mild, Djarum apalagi GG, gak bakalan mungkin loe nemuin nama radio itu di Jkt). Lagu ini diawali dan di akhiri dengan sebuah puisi dan gw begitu familiar dengan suaranya(no...no...no... bukan brarti gw ikrib sm dia lohh, walaupun dia mantan guahh, huahaha... *dgn muka mupeng). Nah, jadi nyesel deh gw ngelepas dia waktu ituh, tp apa daya, loe kan blum insyaf waktu itu. dan sekarang loe bikin gw jatuh cinta lagihhh (sm lagunya lohhh... orangnya kl mo jg gpp, huahaha... *mupeng lagi nihh :D).

Begitu gw cb mendengar dan coba berkonsentrasi dengan bait puisinya, Subhanallah, gw menilai, bener2 cukup menyentuh dan menyadarkan hati gw tentang Tuhan. Dan membuat gw ingin lebih mengerti lagi realitas yg sesungguhnya dalam kehidupan. Karena secara sadar atau pun tidak, makhluk Tuhan yg bernama Manusia sudah banyak yg terlena dengan kehidupan dunya yg pada akhirnya hati dan diri merasa kosong dan hampa. Tidak ada pegangan yg kuat dalam kehidupan sampai2 terjadi peristiwa2 yg tidak kita inginkan dan menjerumuskan, seperti bunuh diri, Narkoba, dll..dsb...

Ketika disaat terombang-ambing seperti itu, terkadang barulah keberadaan Tuhan mulai disadari, kesombongan dalam diri pun hancur luluh berkeping-keping, diri menjadi merasa kerdil dihadapan Nya. Sungguh kita makhluk Tuhan yg diperintahkan untuk tunduk dan sujud hanya kepada Nya. bukan hanya disaat kita susah, sedih, berduka, sengsara tp jg dalam keadaan kita senang dan bahagia dalam sukacita. Smoga tiada pernah kita lupa untuk ingat kepada Nya.

Berikut petikan bait puisi yg dibacakan Dian Sastro feat Too phat dalam lagu:


Alhamdulillah..

Dian Sastro:
Disaat waktu berhenti...kosong
Dimensi membutakan mata,memekakkan telinga
Lalu diri menjadi hampa
Saat paradigma dunia tak lagi digunakan untuk menerka*
Sadarku akan hadir Mu,mematahkan sendi2 yang biasanya tegak berdiri

........
........
........
........
dst......

Dian Sastro:
Sujudku pun takkan memuaskan inginku
'tuk hanturkan* sembah sedalam kalbu
Adapun kusembahkan syukur pada Mu ya Allah
Untuk nama,harta dan keluarga yang mencinta
Dan perjalanan yang sejauh ini tertempa
Alhamdulillah pilihan dan kesempatan
Yang membuat hamba mengerti lebih baik makna diri
Semua akan lebih berarti apabila dihayati
Alhamdulillah,Alhamdulillah,Alhamdulillah....



note:
"Smua crita tentang keterkaitan gw dgn Dian Sastro diatas akan ditayangkan dlm acara "Mimpi kali yeee...." :) "
trus kata temen gw, "ini lagu kan dah lama banget..!" trus gw jawab,"Em.. em.., harusnya gw comment jg dah lama banget, berhubung gw baru bikin blog sekarang ini, yah kasih commentnya jg sekarang duonkksss....". getto lohhh....

Friday, May 20, 2005

Posting Perdana

Thank God, untuk sebuah penciptaan yg Maha Sempurna di muka bumi ini, yaitu manusia. Diciptakan dengan segala kesempurnaannya, bentuk dan rupa serta keindahan yg menyertainya. dan dilengkapi dengan pancainderanya bahkan sebagian yg lain dikaruniakan dengan indera keenam yang mampu menembus alam kasat mata dan diberikan sdikit dari rahasia Tuhan yg Maha Ghaib sesuai dengan Sifat Nya. Dan yg paling luar biasa yg membedakan manusia dengan makhluk lain nya adalah akal, supaya manusia dapat belajar dan belajar untuk meningkatkan kesadaran serta realitas dirinya hidup di alam dunya sehingga ia mampu mengenal Tuhan nya.

Salah satu bukti kebesaran Tuhan dengan diciptakannya akal adalah manusia mampu menciptakan alat yg memberikan kemudahan2 bahkan memanjakan nya dalam hidup sampai mungkin bisa menjadi sbuah ketergantungan. Sbuah TEKNOLOGI telah tercipta, salah satunya adalah Teknologi Komputer. Teknologi ini memang sudah tidak terelakan lagi karena hampir smua bidang telah menggunakan teknologi ini.

Begitu luar biasanya teknologi ini yg benar2 memiliki kemampuan luar biasa, daya tampung memory luar biasa, perhitungan yg luar biasa, dsb..dsb.. tp INGAT..!!! ia hanyalah sbuah alat yg diciptakan oleh seorang manusia dengan mempergunakan AKAL. Jadi siapa yg hebat sebenarnya...??? yah, TUHAN lahhh... bukan manusia nya (jgn ge-er yahh manusia) :). karena Tuhan yg telah menciptakan AKAL. sekarang tinggal bagaimana kita mensyukuri dengan apa yg kita miliki. Tuhan telah memberikan segalanya pada kita. "Barangsiapa yg mensyukuri nikmat Ku, niscaya akan Ku tambahkan nikmat untuk nya dan barang siapa yg mengingkari nikmat Ku, sesungguhnya siksa Ku amatlah pedih " (al-ayat) *maaf saya tidak begitu hapal nama surat dan no ayat nya. :D

Saya begitu kagum dengan teknologi ini, dengannya, jarak bukan lagi masalah, komunikasi menjadi lebih mudah, informasi begitu cepat didapat. blog ini ada pun karena teknologi ini. Luar biasaa..... (applause.. prok...prok...prok...) :D. Mudah2an membawa mamfaat yg besar. Amiinn..



sekian,

-achul-

Jangan makar atau berpolitik dikantor

Ada sebuah soal yang saya ajukan kepada team saya, pertanyaannya bagaimana caranya sebuah garis sepanjang 30 cm terlihat menjadi lebih kecil...