Friday, July 25, 2008

Berkelit...

Yang masih hangat sedang dibicarakan dan diberitakan saat ini adalah mengenai pemberantasan korupsi oleh KPK dmana beberapa kasus seperti BLBI sudah ditetapkan tersangkanya dan diamankan barang buktinya. Tapi ada orang yang sudah tertangkap basah berbuat salah trus mencoba berkelit. Kemudian dengan segala macam cara dia membuat alibi untuk menghindari apa yang dituduhkan kepadanya. Bahkan ada yang sampai membuat persengkokolan antar para pelaku meskipun sudah ada didalam penjara . Fiuhh, saya merasa gregetan apakah sistem hukum kita yang memang gak tegas dan gak jelas atau para aparatur kita yang sudah terlalu bermental korup....?

Gw termasuk orang yang trus mengikuti perkembangan kasus korupsi jaksa Urip dengan Artalyta Suryani aka Ayin. Dan gw merasa gregetan dengan dua orang ini. Memang kita harus mengedepankan asas praduga tak bersalah tapi kl sudah ketangkap tangan trus berkelit, rasanya alasan ataupun pembelaan bukan lagi menjadi sebuah perkataan yg jujur tapi manipulatif. Sumpah yang diangkatpun untuk berkata jujur hanya menjadi topeng atau bahkan dagelan atau lelucon pengadilan. Berbagai macam bukti ditunjukkan didepan persidangan dan tak hanya itu bahkan beberapa saksi juga dihadirkan namun tetap saja berkelit. Dasar manusianya saja yang tetap gak mau mengakui apa yg telah diperbuat maka hal yg gampang dilakukan tuh kl ditanya ini itu dimasa lalu jawabnya lupa atau gak tau. Tuh kan, pura-pura lupa dan pikun tuh.

Gregetan rasanya kl ngeliat orang yang kyk gini ini kelakuannya. Rasanya perlu ditambahkan satu mekanisme dimana terdakwa harus bersumpah yang isi sumpahnya tidak hanya menyatakan akan berkata jujur tapi jika ia tidak berkata jujur maka dirinya, anak istri, kluarga dan turunannya akan merana, terhina, terkutuk dan dilaknat Tuhan seumur hidup. Mungkin ini hanya sebagai trigger supaya terdakwa mo berkata jujur apadanya dan pengadilan pun gak perlu bertele-tele dan memakan banyak biaya serta tenaga. Ini mungkin hanya berandai-andai dan tolol2an ajah kali yah tapi kl seandainya efektif kyknya seru juga niy dibuat kyk begitu. Emang ada gituh orang mo bersumpah kyk gituh diatas kitab suci demi sebuah kebohongan tapi implikasinya bisa ampe ampe ke anak istri, kluarga serta turunannya...? kl ada orang kyk gitu brarti tuh orang emang dah kagak punya hati nurani lagi dan wajarlah kl kelakukannya bobrok dan korup. No comment for people like that. Just go to hell.

No comments:

Semua adalah Guru

 Alam terbentang menjadi Guru, pepatah tua yang penuh makna ini tentu bukan sekedar kata-kata biasa. Kita belajar dan bisa mengambil pelajar...