Wednesday, June 15, 2005

Sebuah Cerpeennn...

My Fren B'day
Pagi hari, kamis 9 Juni 2005, Bang Jul kluar rumah dengan membawa air dalam ember untuk menyiram tanaman dihalaman rumahnya. Yup, Bang Jul memiliki kebiasaan baru di pagi hari untuk tidak lupa menyirami tanam-tanaman yg ia beli dan ia rawat. Sesekali melepas pandang jauh kedepan mencoba meresapi salah satu keindahan Tuhan dengan diciptakan tanaman yg beraneka warna nan cantik jelita. Tiba-tiba Bang Jul teringat bahwa hari ini adalah ulang tahun teman kantornya yg bernama Tante Jensu. Entah berapa umur Tante Jensu pikir Bang Jul, mungkin sudah mulai memasuki masa menoupose, lamunannya menerawang jauh. Tp tidak mungkin, Tante Jensu masih terlihat sekal dan muntogg untuk dikategorikan wanita yg monoupose. Tp ya sudahlah, pikir Bang Jul, karena memang ia tidak tahu informasi tahun lahir dari Tante Jensu. Bisa jadi ia lahir tahun 60 an atau bahkan tahun 50 an. Cuma karena mungkin Tante Jensu rajin minum ramuan awet muda cap jengkol dari cina jadinya badannya tetep mengkel kayak buah jengkol.
Segera Bang Jul masuk kedalam rumah untuk membersihkan diri dan bersiap-siap berangkat ke kantor agar tiba lebih pagi. Tujuan utama Bang Jul datang ke kantor lebih pagi tak lain adalah ingin menjadi orang pertama yg mengucapkan selamat ulang tahun kepada Tante Jensu dan agar tidak malu kl Bang Jul nanti kasih cipika-cipiki sm Tante Jensu, dimana Tante Jensu memang sudah mengharapkan ini puluhan tahun yg lalu tp blum kesampean jg. Kasihan kannn, pikir Bang Jul.
Stelah rapi berpakaian, Bang Jul segera mengeluarkan si Mega dan menghidupkannya. Mega adalah motor kesayangan Bang Jul yg di beli dari hasil jerih payah kerjanya. Teringat sebuah perjuangan keras dalam memiliki si Mega, yg pada akhirnya Bang Jul nekat untuk memilikinya dengan cara kredit dengan bunga yg rasanya cukup mencekik saat itu. Bang Jul tahu konsekuensinya jika pada akhirnya ia memutuskan kredit, dengan DP yg paling murah dan jangka waktu yg cukup singkat, otomatis angsuran yg harus dibayar cukuplah besar waktu itu. Bang Jul pun sgera mencanangkan gerakan mengencangkan ikat pinggang selama kredit itu blum lunas. Jadi wajarlah kl pinggang Bang Jul terlihat ramping dan atletis atw bahkan ampe gak kliatan pinggangnya. Tatkala Bang Jul memiliki keinginan untuk memiliki sesuatu yg ingin dibeli, Bang Jul langsung menatap si Mega dengan tatapan tajam dan dalam penuh arti dan berkata dalam hati “uang ku hanya untuk melunasi mu sayang, bukan untuk membeli barang yg menggoda ku itu”, dasar barang penggoda, ternyata bukan cuma wanita saja yg bisa jadi penggoda, ucap Bang Jul. Lalu stelah beberapa lama menatap, sgera hilanglah keinginan itu, menguap seiring hembusan napas Bang Jul.
Ada rasa khawatir jg diawal-awal membeli si Mega, karena dengan angsuran yg cukup besar, jangan-jangan nanti Bang Jul bisa di bilang kena penyakit cacingan karena nanti badannya yg makin ramping akibat program hemat ketat nya atw busung lapar karena kliatan jarang makan siang tp kok perutnya trus majuhh..???. Ahh.. smua adalah masa lalu, kenang Bang Jul. kini Bang Jul tinggal menikmati hasil jerih payah kerja nya. Dan memang si Mega ini lah yg menjadi teman setia kemana pun Bang Jul pergi baik dalam cuaca panas maupun hujan, tak pernah mengeluh dan ikhlas membantu.
Kemudian stelah mesin dirasa cukup panas, brangkatlah Bang Jul menuju kantor tercinta di kawasan bisnis segitiga emas didaerah kuningan Jakarta, tempat ia bekerja selama kurang lebih 2 thn 10 bulan. Seperti biasa, sesampainya dikantor karena jam menunjukkan waktu masih terlalu pagi untuk ukuran karyawan disini apalagi bagi sbuah perusahaan advertising, maka blum banyak karyawan yg datang. Paling 1-2 orang yg datang pagi plus para OB yg memang bertanggung jawab untuk datang paling awal untuk membuka pintu kantor dan bersih-bersih sebelum karyawan yg lain datang. Tapi Bang Jul tahu, Tante Jensu adalah salah satu karyawan yg rajin datang pagi meskipun rumahnya terbilang cukup jauh yaitu di daerah ujung ujungnya Jakarta. Emang Jakarta berujung yahhh, ucap Bang Jul dalam hati.
Sambil menunggu Tante Jensu, Bang Jul mengerjakan pekerjaan yg harus ia selesaikan pagi ini. Stelah beberapa menit, tiba-tiba Bang Jul melihat sesosok wanita yg ia rasa sudah cukup kenal dan mungkin yang ia sudah tunggu-tunggu. Sebelumnya Bang Jul coba memperhatikan lebih jelas lagi untuk meyakinkan diri apakah benar ciri-ciri yg ia lihat. Sosok wanita yg tingginya semampai, seratus lima puluh kyknya gak sampai, trus kecil, imut, agak bullet jg, bisa ngegelinding kl ia jatuh, trus, tp kok badannya agak lebih besar dan lebar dan tidak berkaca mata..???, tanya Bang Jul dalam hati. Hahh…!!! duh Bang Jul salah lihat rupanya, yg datang itu ternyata adalah Jeng Marli, janda dengan anak tiga yg katanya lumayan tajir setelah mendapat peninggalan warisan dari suaminya. Damn..!!! kayaknya kacamata ini harus segera diganti, umpat Bang Jul, lalu meneruskan kerja kembali.
Rupanya Bang Jul keasyikan dengan kerjanya sehingga tanpa disadarinya satu-persatu teman kerja nya sudah mulai berdatangan. Tetapi sebenarnya Bang Jul bukan keasyikan bekerja, karena memang tugas yg diberikan oleh atasannya harus kelar pagi ini juga, mangkanya Bang Jul terlihat serius dan tidak peduli dengan kehadiran teman-temannya. Hal ini jugalah yg menyebabkan Bang Jul tidak mengetahui bahwa orang yg sedang di tunggunya yaitu Tante Jensu sudah tiba di kantor. Bang Jul mengetahuinya stelah melihat List Groupwise salah satu fasilitas untuk chat internal kantor. Karuan saja Bang Jul bingung, antara menghampiri Tante Jensu untuk mengucapkan selamat ataw menyelesaikan tugasnya. Dengan arif dan bijak, Bang Jul memutuskan untuk menyelesaikan pekerjaan nya terlebih dahulu dengan alasan Tante Jensu tidak akan marah kl ternyata bukan Bang Jul, orang pertama yg mengucapkan selamat ulang tahun pada pagi hari yg cerah ini karena memang Tante Jensu tetap mengharapkan ucapan selamat itu kapan pun Bang Jul sempat. Kalau perlu Tante Jensu akan membuat suatu acara spesial nanti malam hanya untuk mereka berdua. Ini adalah keinginan terpendam dari Tante Jensu stelah skian tahun lamanya.
Bang Jul melanjutkan pekerjaannya, tinggal sedikit lagi, Aku akan segera menghampiri Tante, ucap Bang Jul pelan. Ditengah keseriusannya menyelesaikan pekerjaan, tiba-tiba Bang Jul melihat secara spintas sosok wanita yg melintas di sampingnya. Yup, wanita itu memiliki ciri-ciri seperti yg telah disebut diatas. Tp tubuhnya memang tak sebesar dan selebar Jeng Marli dan ia berkacatamata. Bang Jul yakin itu adalah Tante Jensu, ia sedang menuju pantry untuk mengambil minuman dan peralatan makan untuk sarapan paginya. Tp apakah Tante Jensu tadi berjalan atw menggelinding yahh...? kok cepat sekali, Bang Jul coba mengingat. Tp seingat Bang Jul memang Tante Jensu itu kl berjalan agak cepat dan sedikit ngepot kayaknya. Bang Jul segera bersiap-siap untuk mencegat Tante Jensu sekembalinya nanti dari Pantry.
Akhirnya yg di tunggu-tunggu datang jg, Bang Jul segera berdiri dari bangku dan menebarkan senyum ramah penuh pesona, dimana smua wanita yg melihat senyuman Bang Jul pasti selalu terpesona dan terkenang termasuk salah satunya adalah Tante Jensu. Tante Jensu pun membalas senyuman Bang Jul dengan ramah penuh pesona plus penuh arti. Kl Bang Jul boleh menterjemahkan, senyuman itu artinya, “aku sudah menunggu moment ini, ajak aku keluar sayang... “,begitulah kira-kira terjemahan Bang Jul. “Selamat Ulang Tahun, Happy B’day Tante..., mudah2an sukses selalu yahh, wish u all d best dehhh...” ucap Bang Jul sambil mengulurkan dan menjabat tangan Tante Jensu yg halus dan lembut serta berisi. Rasanya wanita ini blum monoupose seperti perkiraan Bang Jul sebelumnya. Dan rasanya Bang Jul jg ingin menarik Tante Jensu ke sudut ruangan dan memberikan yg Tante Jensu inginkan. Tp Bang Jul sadar bahwa suasana kantor sudah smakin ramai seiring kedatangan teman-teman kantornya.
“Trimakasih yah Oomm...” balas Tante Jensu sambil tersipu. Tante Jensu memang senang memanggil Bang Jul dengan sebutan Oom, entah karena wajah Bang Jul yg sudah mirip dengan Oom-Oom atw itu adalah panggilan sayang dari Tante Jensu. “Mo dikasih kado apa..?” Bang Jul coba berbasa-basi. “Bener niy..mo kasih kado..?” dengan ekpresi gembira berharap keinginannya yg terpendam terhadap Bang Jul terpenuhi. “ntar si Oom nyesel lagi...” lanjut Tante Jensu. “Hahahaha...” Bang Jul tertawa dan mengerti maksud Tante Jensu. “iya yahh..., nyesel deh gw nawarin Tante..” ucap Bang Jul. “Gpp Oom..., btw ,thanks yahh..” balas si Tante dan kemudian berlalu. Meskipun cm percakapan singkat, tp terlihat wajah yg cerah ceria di wajah Tante Jensu karena hari ini adalah hari bahagianya.
Pada akhirnya, Bang Jul memikirkan sebuah kado atw hadiah yg ingin diberikan kepada Tante Jensu. Sbuah kado atw hadiah yg berkesan dihari ulang tahunnya. Bukan kado ataw hadiah yg biasa-biasa sajah. Akhirnya setelah Bang Jul dan Tante Jensu ber chat ria di groupwise, Bang Jul memberi tahu Tante Jensu bahwa ia telah membuatkan sebait puisi untuk si Tante dalam blog yg ia punya. Tante Jensu merasa senang sekali mendengarnya, terharu dan merasa bahagia setelah membaca puisi Bang Jul. Kemudian ia memberitahu kepada teman-temannya untuk ikut membaca puisi Bang Jul dengan cara memberitahu lewat status YM nya.
Dan satu lagi, Bang Jul berjanji akan membuatkan sebuah cerita pendek ataw singkat berkaitan dengan ulang tahun Tante Jensu. Dan inilah crita yg telah terbuat. Sbuah crita yg sebagian crita adalah fiktif, dan rekayasa belaka. Kl ada kesamaan bentuk, tempat dan crita, itu hanyalah kebetulan belaka.
Happy B’day Tante Jensu. Inilah janji yg Bang Jul penuhi.

Original story by Achul

11 comments:

Anonymous said...

Bang Jul.... apa mas Acul nie.... :)

Anonymous said...

Sumprrriiiiitttt...!!! Gggiiiiillllliiiinnnggaaannn paadddddiiiii dddiii sssaaaaaawwwwaaaaahhhhh...!!!!
Jjjjaaaayyyyuuussss ttrrraaaalllaaaallllaaaaa..!!

Gw nih yg namanya Jensu,korban ke-degilan dan kesewenang2an iintelektual-nya si Bang Jul alias Achuuullll!!! Puasss??!! Hwahaha =D

JOM said...

to anonymous:
pasti kamu taulahh.. :D

to jensu:
Ahhh.... lunas kan janji aye sm tante..??? ;) kurang apa coba, puisi dibikinin.., cerpen dibikinin...
hehehe.. sukses yah buat tante. :)

Anonymous said...

emang ada jengkol di cina ya?? tapi bagus2 cerpennya.. lagi dong..

JOM said...

ada gak yahh jengkol di cina..?? coba deh dhe opay cari tau. :D
makasih dhe opay...., nanti aku bikin cerpen2 yg lain, tp masih sputar bang jul. jgn bosen2 yahh.. :)

Anonymous said...

serasa baca komik lupus deh, kkkkk
wah ternyata elo emang salah satu penggemar tante2 ya, kalo ngeliat dari tulisan elo cul, wuiiiiiiiiiiiiih dalemmmmmmmm....

janda atau gadis, remaja atau post-remaja, yg penting sayang ya cul... aih aih...

JOM said...

eh cha, prasaan lupus itu bukan komik dehh... novel jg bukan..??? :D

*janda atau gadis, remaja atau post-remaja, yg penting sayang ya cul... aih aih...

ada yg kurang tuh cha.. satu lagi, co or ce yg penting kasih sayang. huahahaha.... gilingan kalee.. :)

Anonymous said...

eh..no bad's...

Anonymous said...

Thank you!
[url=http://atrxtsrl.com/lpif/uhmr.html]My homepage[/url] | [url=http://agrchfhg.com/zvlw/muwh.html]Cool site[/url]

Anonymous said...

Well done!
My homepage | Please visit

Anonymous said...

Good design!
http://atrxtsrl.com/lpif/uhmr.html | http://zqrjfceq.com/esxh/jxhf.html

Semua adalah Guru

 Alam terbentang menjadi Guru, pepatah tua yang penuh makna ini tentu bukan sekedar kata-kata biasa. Kita belajar dan bisa mengambil pelajar...