Thursday, September 22, 2011

Ganti dan Buat Paspor Baru

Hari ini adalah schedule gw datang ke imigrasi yang bertempat di TB. Simatupang untuk penggantian paspor baru coz paspor gw akan segera berakhir bulan February mendatang dan memang peraturannya sebelum 6 bulan masa berakhir paspor harus di perpanjang atau ganti baru. Oia, untuk pembuatan paspor baru ini gw menggunakan jasa pembuat paspor dengan harapan bisa selesai dengan cepat tanpa harus berbelit-belit dengan urusan birokrasi apalagi urusan pembuatannya dilakukan pada hari kerja. So tentu dengan menggunakan jasa pembuat paspor gw tetap bisa masuk kerja donk meski datang agak siang.

Cerita punya cerita, gw disuruh datang hari ini ke kantor imigrasi TB Simatupang oleh jasa pembuat paspor jam 10 pagi. Pasti gw tanya donk disana nanti ngapain ajah... trus dia beritahu hanya photo dan tandatangan paspor. Owh ok, brarti emang sebentar donk. Oia, sebelumnya gw di info kan meskipun melalui jasa pembuat paspor, jadinya paspor tetap mengikuti aturan normal kecuali kita mau cara express tapi biayanya lebih mahal lagi. So, gw bilang karena tidak sedang di kejar waktu untuk bepergian ke LN maka gw bilang gpp mengikuti waktu normal jadinya.

Sesampainya di kantor imigrasi gw telp orang pembuat jasa paspor ini dengan harapan setelah ketemu langsung bisa masuk photo dan tandatangan paspor ataupun disuruh mengantri pun tidak akan lama. Tapi harapan gw patah ketika ketemu gw dikasih nomor antrian dan diberitahu bahwa nomor antrian ini mungkin baru di panggil setelah istirahat makan siang. Alamakkk dalam hati gw, buat apa gw pake jasa kalo harus antri lama gini...? Tapi apa daya karena sudah sampai di kantor imigrasi akhirnya gw harus menunggu.

Dulu sewaktu kantor imigrasi di jalan Mampang, mungkin gw bisa masuk kantor dulu di Gatsu kemudian datang lagi stelah makan siang, tapi kalau sekarang karena jarak TB Simatupang dan Gatsu lumayan jauh, jadi gak mungkin kl gw ke kantor dl trus balik lagi. Yang ada cape badan ajah dan makanya gw memilih stay sampai giliran gw di panggil. Dan akhirnya yang tadinya gw mau masuk kantor agak siang memutuskan untuk ambil cuti mendadak hari ini. Tahu begini kejadiannya mungkin gw lebih memilih untuk mengurus sendiri, hati kecil gw berucap begitu.

Selama menunggu gw coba memperhatikan situasi di kantor imigrasi ini. Well, ada perubahan yang significant menurut gw dari sistem birokrasi antrian jika dibandingkan 5 tahun yang lalu ketika gw buat paspor. Dan gw menilai sistem ini cukup efektif untuk mengurangi praktik percaloan. Toh terbukti dari apa yang gw alami sekarang ini dimana gw tetap harus ambil nomor antrian dan menunggu sampai di panggil. Kalau dulu, gw bisa langsung di selipin masuk di antara orang-orang yang udah lama mengantri. kalau sekarang kyknya udah di minimalisir meskipun mungkin masih ada tapi lebih berkurang dan semoga gak bisa lagi.

Kemudian gw coba menganalisa nomor antrian gw, kenapa kok gw disuruh datang jam 10 pagi tapi ternyata dari nomor antrian gw baru bisa di panggil stelah makan siang...? Saat itu nomor antrian photo sudah sampai nomor 37 sementara antrian gw C 59. Oia, nomor antriannya ternyata abc, jadi 1 a, 1b, 1c baru kemudian 2a, 2b, 2c dst. So no wonder kalo gw nanti baru dipanggil setelah makan siang.

Pada kertas no antrian selain no antrian juga tertulis jam saat no antrian itu tercetak. Disitu tertulis kurang lebih jam 9.35 pagi. Jadi gw menduga si jasa pembuat paspor ini datangnya agak kesiangan dan jadi salah prediksi waktu untuk menyuruh gw datang selaku pengguna jasanya. Seandainya pembuat jasa ini sudah bisa mendapatkan nomor antrian jam 8 an pagi mungkin nomor antrian gw bisa lebih cepat. Begitulah analisa gw.

Meskipun gw menunggu agak lama akhirnya nomor gw dipanggil juga. Dan kurang lebih 10-15 menit didalam, urusan photo, konfirmasi data, sidik jari dan tandatangan pun kelar. Dan seharusnya siyh ada satu tahap lagi yaitu interview tapi karena gw disuruh langsung pulang sama si pembuat jasa, ya udah gw pulang ajah. Semoga setelah itu paspor gw langsung jadi. So gw gak perlu datang lagi ke kantor imigrasi. semoga.. kan udah pake jasa. begitu ucap hati gw.

Hikmah dari membuat paspor pagi ini, next gw akan buat paspor sendiri (cb meluangkan waktu, janji hati gw) :)

No comments:

Semua adalah Guru

 Alam terbentang menjadi Guru, pepatah tua yang penuh makna ini tentu bukan sekedar kata-kata biasa. Kita belajar dan bisa mengambil pelajar...