Thursday, August 04, 2005

What's Up...!!

Whuaaa.... pusyingg....pusying.....sibuk..sibuk...bete..bete...jangan ganggu gw..!! Go away..!!! don't disturb..!!!
Mungkin itulah salah satu ekpresi yg kita keluarkan manakala kesibukan yg melanda sudah teramat sangat bahkan mungkin sudah bercampur dengan segala persoalan yg tengah melanda kita. Mulai dari persoalan pekerjaan kita di kantor, di rumah, di lingkungan dan persoalan dari tempat dimana biasa kita bersosialisasi untuk hubungan pertemanan ataw sekedar kongkow-kongkow sajah. Tapi bagaimana kita menyikapinya..???

Ada sebagian orang yg memang sudah pandai menyikapi dan mencari jalan keluar dari persoalan mereka sendiri, baik dengan cara merenung diri, berkonsultasi ataupun curhat dengan orang yg mereka percayai tergantung dari konteks permasalahan mereka demi mencapai jalan keluarnya. Orang-orang seperti ini yg mengerti bahwa hidup adalah merenung diri dan bahwa kita hidup tidak sendiri. Kita masih punya lingkungan dan orang-orang yg memberikan perhatian, mulai dari keluarga sampai dengan teman. Hanya 1 hal yg dibutuhkan, berikan mereka kepercayaan dan berpikir positif. Dan jadikan smua sebagai pengalaman dan pelajaran berharga, hingga kelak suatu saat jika persoalan yg sama datang, kita pun siap menghadapi dan mengetahui jalan keluarnya.

Lalu bagaimana dengan orang-orang yg tidak mampu menghadapi persoalan-persoalan yg menghampiri mereka...??? mungkin bisa jadi anda salah satunya..? tatkala kondisi ini yg terjadi, saya cuma bertanya dalam hati, "Tuhan ku.., apakah persoalan hidup yg menghampiri diri ini begitu banyak dan beratnya..? atawkah hati ku yg tidak cukup luas atw sempit hingga diri ini tak mampu menampung smua persoalan hidup ini."

Yahh, hati yg luas dan pikiran yg positif dan Tuhan pun sudah menyatakan bahwa sesungguhnya Dia tidak membebankan hamba Nya kecuali dengan kadar kemampuannya. Mohonlah bimbingannya selalu dalam menyelesaikan sesuatu urusannya(Dan tidak hanya dalam menyelesaikan persoalan tp jg Memulai pekerjaan). Mungkin persoalan yg datang menghampiri kita selalu di anggap tidak baik ataw memberatkan tp mungkin sesungguhnya dihadapan Tuhan adalah baik untuk kita. dan begitu sebaliknya, kita selalu menganggap baik hal-hal yg menyenangkan tp mungkin itu adalah hal yg buruk bagi kita dihadapan Tuhan.

Sebaik-baiknya sikap dalam menghadapi smua itu adalah ikhlas, sabar dan berdoa. Jangan sekedar berusaha mencari bagaimana memecahkan persoalan itu tp harus disertai dengan doa. Ingatlah bahwa Tuhan telah berjanji, "Berdoalah niscaya akan Aku kabulkan". Dan lihatlah betapa sayangnya Tuhan terhadap Hamba Nya. Tp yg kita lakukan justru malah memalingkan wajah dari Nya dan bahkan ada yg sampai memusuhi Nya. Ahh, betapa piciknya pikiran manusia terhadap rencana Tuhan.

Tp yakinlah bahwa seberat apapun persoalan yg datang pasti ada jalan keluarnya dan membawa hikmah. Jangan pernah merasa bahwa usaha yg kita lakukan adalah sia-sia. Apabila smua dilakukan dengan ikhlas, sesungguhnya Tuhan tidak akan menyia-nyiakan perbuatan kita. Smua ada balasan yg setimpal terlepas itu baik ataupun buruk.

Diakhir kata,
"Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari satu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yg lain. Dan hanya kepada Tuhan lah kamu berharap "

by achul

1 comment:

Anonymous said...

Very nice site! » » »

Semua adalah Guru

 Alam terbentang menjadi Guru, pepatah tua yang penuh makna ini tentu bukan sekedar kata-kata biasa. Kita belajar dan bisa mengambil pelajar...