Monday, March 27, 2017

Toleransi

Besok kita akan menyaksikan sebuah makna dari kata toleransi di sebuah propinsi yang mendapat julukan pulau Dewata. Yup, besok tanggal 28 Maret 2017 bertepatan dengan hari tahun baru Saka umat Hindu di Bali yang dimulai dengan menyepi. Ritual keagamaan pun akan dijalankan dan bahkan akan dijaga oleh para petugas adat.

Nyepi berasal dari kata sepi (sunyi, senyap). Hari Raya Nyepi sebenarnya merupakan perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan penanggalan/kalender caka, yang dimulai sejak tahun 78 Masehi. Tidak seperti perayaan tahun baru Masehi, Tahun Baru Saka di Bali dimulai dengan menyepi. Tidak ada aktivitas seperti biasa. Semua kegiatan ditiadakan, termasuk pelayanan umum, seperti Bandar Udara Internasional pun tutup, namun tidak untuk rumah sakit (https://id.wikipedia.org/wiki/Nyepi).

Pada hari ini suasana seperti mati. Tidak ada kesibukan aktivitas seperti biasa. Pada hari ini umat Hindu melaksanakan "Catur Brata" Penyepian yang terdiri dari amati geni (tiada berapi-api/tidak menggunakan dan atau menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan). Serta bagi yang mampu juga melaksanakan tapa, brata, yoga, dan semadhi.

Oleh karenanya, para tamu atau pelancong atau wisatawan di pulau Bali diminta mengikuti aturan saat hari raya Nyepi. Pun semua kegiatan maupun transportasi akan lumpuh kecuali rumah sakit.

Inilah sejatinya bentuk toleransi umat lain diluar agama hindu yang dapat kita saksikan bersama sebagai wujud kebhinekaan. 

Pun begitu juga jika ada kegiatan keagaaman umat yang lainnya, kita harus menjaganya dan menghormatinya dengan belajar toleransi dari pulau dewata.

Bagaimana dengan kegiatan ibadah agama umat Islam di bulan suci Ramadhan...? bulan yang di sucikan umat Islam. Bisakah toleransi agama diterapkan juga...? Tentu semoga toleransi beragama juga bisa diterapkan di bulan suci Ramadhan umat Islam ini. Aminnn.....
 

No comments:

Semua adalah Guru

 Alam terbentang menjadi Guru, pepatah tua yang penuh makna ini tentu bukan sekedar kata-kata biasa. Kita belajar dan bisa mengambil pelajar...