Thursday, May 29, 2008

I'm Back

Yeahhh, gw sudah kembali lagi bekerja sejak 21 May kemarin after long trip. Beberapa minggu lalu gw punya trip abroad ke vietnam tanggal 8-11 May (4H3M) dalam rangka outing tahunan kantor dan seminggu kemudian tanggal 17-20 May gw ke Genting - KL(4H3M) bersama dengan salah satu TV swasta. Lumayanlah bisa jalan-jalan di negeri orang mencari dan menambah pengalaman serta pengetahuan.

Vietnam Trip

Vietnam sebuah negara yang sedang membuka diri terhadap dunia luar dan mulai dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara. Mangkanya sejak tahun kemarin panitia outing kantor memasukan negara vietnam dalam daftar negara yang akan dikunjungi. Namun tahun lalu(2007) negara yang terpilih untuk dikunjungi adalah Korea Selatan (Seoul) dan China (Beijing) dan baru tahun ini Vietnam dapat dikunjungi.

Adapun tempat-tempat yg gw kunjungi di Vietnam antara lain, China Town, Thien Hau Temple, Cuchi Tunnel, Reunification Palace, War Museum, NotreDame Cathedral, Post Office, Saigon River, Trang Pagoda dan menyusuri sungai mekong dengan sampan menuju sebuah pulau tempat produksi coconut candy. Dan pastinya tak ketinggalan bagi para penggila shopping untuk mengunjungi pasar Ben Thanh (yang tak lain tuh mirip dengan pasar Sukowati atau pasar senen kali yah kalo disini) yang menjual segala pernak-pernik aksesoris, souvenir, baju, bahan, dompet, tas ampe makanan jg. Surga bagi para pencinta belanja. Mari bapak-ibu silahkan dihabiskan uangnya.

Oia, vietnam ini menerima pembayaran dengan uang dollar ataupun mata uang lokal. Dan kita patut bersyukur ternyata masih ada negara lain yang kurs mata uang lokal vs dollar tuh lebih mahal. Kalo 1 USD=9250 IDR, divietnam itu 1 USD=1600 VND(Vietnam Dong). Jadi, dibanding indonesia barang-barang disana emang lebih murah kan....? huehehe... Tapi kl belanja barang-barang yg terbuat dari bahan seperti baju or topi, kualiatasnya mah masih jauh dibandingkan punya negara kita (mungkin karena murah kali yahh).

Hal yg lainnya, kl kita mengenal bogor itu kota sejuta angkot, di Vietnam itu mungkin bisa kita sebut dengan kota sejuta motor. Gila banget deh, orang yang pake motor disana tuh banyak bangeddd(saking banyaknya kyk lagi ada parade or pawai motor). Jadi disana banyak yg pake kendaraan roda dua dibandingkan roda empat. Trus dah gitu cara mengendarai motornya sama ajah sama negara kita, banyak yg gak sabaran pengen dulu2an. Dan tak heran ketika tour guide kita bilang bahwa dalam sehari bisa terjadi puluhan kecelakan kendaraan motor, pas malam hari kita jalan-jalan disekitar hotel, 3 peristiwa kecelakaan terjadi. Duhhhh, mengerikan banget deh. Padahal malam hari tuh gak seramai kl pas siang hari tp ternyata bisa terjadi kecelakaan jg. Jadi kl lagi jalan-jalan dan kl mo nyebrang jalan disana kudu super hati-hati deh.

Kalo ditanya seperti apa kotanya, mungkin yang pernah jalan ke glodok atau daerah mangga dua dimana kanan kiri banyak pertokoan, seperti itulah kotanya. Or sperti malioboro kali yah. Gw heran ajah ni kota kok pmandangan kanan-kirinya gini2 trus. toko or ruko2 gituh deh. Dan yang gw salut tuh soal kabel-kabel yang sangat semrawut dikota ini. Kalo ada sesuatu yang rusak atau korsleting diantara kabel-kabel itu, maka orang yg ngebenerin itu bener2 hebat. Gw kebayang gimana mereka harus ngurutin itu kabel biar gak salah kabel.

Hal yang paling berkesan menurut gw adalah tatkala kita akan mengunjungi sebuah pulau tempat produksi coconut candy. Kita menggunakan speedboat and then dilanjutkan menggunakan sampan untuk menuju pulau itu. Sebenarnya siy pake speedboat jg bisa langsung ke pulau itu, cuma biar punya kesan tersendiri dengan sungai mekong dan sekaligus menjadi salah satu andalan wisata negara Vietnam maka kita pada saat berangkat menggunakan speedboat tidak langsung menuju pulau tapi menuju dermaga kecil yang mengapung ditengah sungai and then menggunakan sampan yang di dayung oleh dua orang nelayan (1 depan, 1 belakang) dan bangku penumpang hanya untuk 4 orang saja. Jadilah kita menyusuri sungai mekong dan merasakan sensasinya. Cukup mengasyikan pastinya. :)

Oia, rombongan outing terbagi 2 kloter dimana kloter 1 brangkat dari tgl 8-11 May menggunakan SQ dan disebut group SQ, dan kloter 2 berangkat tgl 9-12 May menggunakan GA dan disebut group GA. Yang menggunakan SQ tidak langsung berangkat Jakarta-Vietnam tp transit terlebih dulu di Spore selama 4 jam. Smentara yang menggunakan GA langsung dari Jakarta menuju Vietnam. Dan kebetulan gw masuk kloter 1 yang kebanyakan berisi para petinggi2 perusahaan (hahaha... pis yo tema2 V).

Dan saat malam ke-3 (sekaligus malam terakhir untuk kloter 1 dan malam kedua untuk kloter 2 ) pihak panitia outing memang sudah merencanakan sbuah acara berupa Gala Dinner dengan menggunakan costum Hippies. Tak disangka tak dinyana, semua tampil beda dan menunjukkan eksistensi diri masing-masing. Ck..ck..ck... Dan ini bisa dilihat dari photo-photo yg terdokumentasi dibawah ini.

Berikut photo-photonya.




Selengkapnyanya dapat dilihat disini: Vietnam Trip 8-12 May 2008

Next Posting: Genting - KL

3 comments:

Anonymous said...

asyik banget yg travelling
gw masih kebagian oleh2 gak cul :D

HeiDi said...

chuli..gw juga nulis donk tentang vietnam :))
btw, naik GA ato SQ pada bae, yang penting selamettt wekkkk!!

JOM said...

To: linda
Ya alhamdulillah masih diberi kesempatan buat jalan-jalan buat nambah pengalaman dan pengetahuan di negeri orang. :)
kl mo oleh2 sok ajah atuh maen ke kantor kl sempet.

To: Heidi
oh yahh..? nanti gw mo baca ahhh... :) iyah2, mo GA or SQ sing penting selamet ampe tujuan.

Semua adalah Guru

 Alam terbentang menjadi Guru, pepatah tua yang penuh makna ini tentu bukan sekedar kata-kata biasa. Kita belajar dan bisa mengambil pelajar...