Saturday, May 31, 2008

Perselingkuhan - a story

Seorang kawan bernama ”Diah” datang sm gw trus bercerita sambil sesenggukan menceritakan kehidupan cintanya. Kemudian gw pun bertanya apa gerangan terjadi..? Diah pun bercerita bahwa hubungan dengan pacarnya berakhir sudah. Gw sempet kaget mendengar berita itu mengingat Diah dan pacarnya itu sudah pacaran cukup lama, kurang lebih 4 tahun. Lantas apa gerangan terjadi...? cerita punya cerita ternyata pacarnya itu selingkuh. Lalu darimana Diah tahu pacarnya selingkuh...? rupanya temen gw Diah ini punya paman yang tinggal satu komplek dengan rumah pacarnya. Dan pamannya ini sering melihat seorang wanita datang ke rumah pacarnya dan bahkan sering menginap. Melihat seperti ini pamannya pun melaporkan kepada kponakannya. Maka kesimpulan yang bisa diambil adalah pacarnya selingkuh dengan wanita lain, oleh karenanya ia pun diputuskan.
Lalu bagaimana hal itu terjadi....? jarak yang terbentuk antara Diah dan pacarnya bisa menjadi sebuah trigger atau celah perselingkuhan itu terjadi. Kenapa...? karena otomatis absennya Diah di dekat sang pacar membuat sang pacar leluasa melakukan hal-hal yang tak bisa dilakukan jika Diah ada didekatnya. Apalagi kebetulan sang pacar tinggal disebuah pelosok kota, semakin saja peluang itu terjadi. Dan memang itu terjadi.
Bagaimana jarak itu bisa terjadi atau terbentuk, berawal dari sebuah beasiswa yang akhirnya membawa Diah untuk melanjutkan kuliah S2 disebuah negara di benua Eropa. Awalnya mungkin baik-baik saja dan bahkan sang pacar mendukung sepenuhnya ketika Diah berkeinginan melanjutkan kuliahnya. Yang semakin membuat yakin hubungan mereka baik-baik saja adalah ketika sang pacar datang mengunjungi Dia di negara itu. Inilah mungkin sebentuk perwujudan atau perjuangan dan pengorbanan sang pacar untuk membuktikan kesungguhan cintanya. Begitulah cinta, ia bisa membuat mabuk siapa saja yang telah terjerat oleh cinta. Namuh hal yg dilakukan itu bukanlah arti segalanya cinta. Sekembalinya sang pacar ke Indonesia, semuanya bisa berubah. Hati manusia itu memang mudah terombang-ambing dan terbolak-balik. Maka jangan heran bila ada seorang manusia yang tak konsisten dan tak menjalankan komitmennya. Itu akibat hatinya yang tak punya ktetapan.
Lantas apa gerangan terjadi..? sang pacar rupanya punya sebuah kegiatan atau perkumpulan para biker bicycle. Disinilah awal pertemuan dengan wanita lain terjadi. Awalnya mungkin biasa saja terjadi namun pepatah jawa yang mengatakan weting tresno jalaran soko kulino, cinta hadir karena sering bersama rupanya terjadi. Benih-benih cinta mulai muncul diantara keduanya. Kemudian dimulailah sebuah dusta dan dusta lainnya oleh sang pacar kepada temanku Diah ini. Dan itu terus berlanjut sampai sekolah S2 nya selesai dan sampai kembali ke Indonesia serta diterima bekerja di kantornya yang lama.
Drama cinta pun terus berlanjut yang menunjukkan hubungan mereka baik-baik saja. Namun sang waktu pasti lambat laun akan membongkar kepalsuan yang sedang terjadi. Satu hal yg ditunggu oleh sang pacar adalah momentum yang tepat hingga ia bisa pisah dengan temanku Diah. Ada salah satu sifat yang mungkin tak disukai oleh dari seorang pasangan yaitu sikap dominasi. Apalagi jika seorang wanita terlalu mendominasi cowo dengan membatasi ia berteman, suka mengatur dan paling parah adalah mengancam dengan ancaman untuk memutuskan hubungan karena merasa ia punya kelebihan dibanding yang lain, semisal cantik atau cerdas. Jika ini terjadi, maka ini sebuah bom waktu yang sewaktu-waktu bisa meledak kapan saja dan siap menghancurkan hubungan yang sudah terbina dan terjalin.
Nah, rupanya apa yg dirasakan sang pacar mungkin seperti ini. Ia masih sempat bertahan hingga akhirnya ia bertemu seorang wanita yg menjadi teman curhatnya hingga akhirnya ia jatuh hati. Once momentum datang, ia tak mau dan tak akan melewatkan kesempatan itu. Dan itulah yang terjadi. Suatu hari Diah terlibat percecokan dengan sang pacar dan ini masalah prinsipil menurut Diah. Namun sayangnya sang pacar gak mo diatur-atur, ia hanya mo melakukan apa yg ia mau lakukan asal memang ada waktu luang. Karna tak dituruti oleh sang pacar, Diah pun akhirnya mengancam akan memutuskan sang pacar. Inilah momentum yang ditunggu-tunggu oleh sang pacar meskipun ancaman Diah itu gak sungguh-sungguh atau hanya sebuah gertakan saja.
Tapi apa lacur, nasi sudah menjadi bubur, hubungan itu sepertinya sudah berada di ujung tanduk. Diah pun pusing tujuh keliling ketika komunikasi antara Diah dan pacarnya tiba-tiba terputus baik lewat telp, sms ataupun imel. Pacarnya sama sekali tak merespon apapun yg dikirim oleh Diah. Melihat kondisi seperti ini, Diah pun segera memikirkan tindakan yg perlu dilakukan. Akhirnya Diah pun memutuskan untuk datang langsung ke rumah sang pacar dengan dtemani oleh seorang teman kerjanya.
Tahukah anda apa yang kemudian terjadi disana...? Diah kaget bukan kepalang melihat sebuah mobil terparkir didepan rumah sang pacar dan mobil pacarnya ada di halaman rumah. Sepertinya memang sedang ada tamu tapi siapakah gerangan...? Diah pun turun tuk mendatangi rumah pacarnya. Secara memang Diah dulu jg sering nginep dirumah pacarnya maka Diah pun merasa sudah menjadi bagian dari rumah ini. Oleh karenanya Diah pun dengan sesuka hati mencari sang pacar kedalam rumah dan kesetiap sudut rumah. Tapi saat didalam Diah terperanjat melihat seorang wanita yang hanya mengenakan gaun tidur tipis hingga pakaian dalamnnya terlihat dengan begitu jelas. Entah apa terjadi tadi malam antara pacarnya dengan wanita ini. Sempat terjadi adu omongan antara Diah dan wanita itu, namun Diah menjelaskan maksud kedatangannya tuk menemui sang pacar dan tak mempedulikan wanita itu. Diah pun melanjutkan mencari sang pacar kesetiap sudut ruangan. Ketika Diah memeriksa kamar mandi, Diah merasa shock melihat beberapa pakain dalam wanita tergantung disana. Diah kali ini berpikir dan menerawang jauh sudah seberapa jauhkah hubungan antara pacarnya dengan wanita ini.
Hari itu memang sang pacar tidak ada dirumah karena sedang melakukan aktifitas diluar sana. Sang wanita sebenarnya sudah mengetahui siapa tamu yg datang ini yang tak lain adalah pacarnya dari lelaki yg saat ini sedang dekat dengannya. Stelah tak menemukan sang pacar, Diah pun akhirnya menelpon sang pacar tuk memberitahu bahwa ia sudah ada dirumahnya. Dan sang pacar pun memberitahu bahwa dalam waktu stengah jam ia akan sgera tiba dirumah. Selama menunggu tak ada pembicaraan antara Diah dan wanita itu. Keduanya saling cuek dan masa bodoh. Bahkan si wanita itu hanya menunggu didalam kamar sambil sekali melontarkan perkataan2 tak mengenakan. Tapi Diah tak mau ambil pusing karna diah hanya fokus dengan maksud kedatangannya dirumah sang pacar.
Akhirnya penantian itu berakhir, sang pacar pun datang dan disambut oleh Diah. Diah pun menyapa seperti biasanya dan sang pacar pun membalas dengan seperti biasanya pula. Sepertinya tak ada yg berubah. Diah tak langsung mengajak pacarnya berbicara namun menyuruh sang pacar tuk membersihkan badan terlebih dahulu. Setelah sang pacar selesai mandi bersih-bersih dan berpakaian, terjadilah pembicaraan mengenai nasib hubungan mereka. Diah berusaha meyakinkan hati pacarnya bahwa dialah yang tepat mendampinginya dengan pertimbangan hubungan yg sudah mereka bina selama 4 tahun. Namun hati pacarnya mungkin sudah berubah 180 derajat bahwa didalam hatinya kini sudah ada wanita lain. Diah kemudian bertanya apakah memang pacarnya serius dengan wanita ini dan akan menikahinya. Lantas sang pacar menjawab bahwa ia tak pernah tak serius dengan hubungan yg ia bina dan kali ini memang ia sudah merencanakan untuk menikahi wanita ini.
Mendengar jawaban sang pacar, tanpa disengaja melelehlah airmata Diah. Kehancuran hubungannya tak terelakkan lagi. Diah menyadari kesalahan2nya dulu namun kini sudah tak berarti lagi tuk menyeselinya. Akhirnya Diah pun pulang dengan hati yang hancur luluh. Sesampainya di rumah, Diah merasa tak nafsu tuk makan dan selalu menangis jika malam datang. Untungnya Diah masih memiliki teman-teman yang masih sayang dengannya yang siap membantu dan memberikan motivasi untuk bangkit kembali. Bahwa dunia tak selebar daun kelor, masih banyak cowok diluar sana yg lebih baik lagi dari mantannya kini. Namun cinta memang memabukkan dimana ketika mabuk kita takkan mungkin dalam kondisi sadar. Oleh karenanya proses yang perlu dilakukan oleh Diah adalah mengembalikan kesadarannya hingga ia bisa bangkit kembali dan memulai kembali hidup yang baru. Selang beberapa bulan kemudian, Diah pun mendengar kabar bahwa mantan pacarnya melaksanakan niatnya dan keseriusannya untuk menikahi wanita itu.
Begitulah sekelumit kisah cinta yang dialami oleh teman gw yang diwarnai oleh perselingkuhan. Gw sendiri tak menyalahi sikap yang dilakukan oleh pacarnya tapi sekaligus coba memahami apa yang Diah rasakan dari peristiwa yang dialaminya ini. Namun mungkin yang perlu diyakini adalah mungkin Tuhan masih sayang sm temen gw ini dimana ternyata cowo yang dia cintai itu bukanlah cowo yang tepat untuk mendampingi hidupnya melihat dari sikap dan perilaku yang sempat tak diketahui oleh Diah, yang kini semua menjadi terbuka dengan jelas. Tapi jika kembali lagi kepada agama, maka jodoh memang sudah Tuhan yang mengatur. Kita hanya menjalankan skenario dari apa yang Tuhan sudah gariskan meskipun kadang kita merasa itu tak adil buat kita. Tapi semua pasti ada maksudnya dan penuh dengan hikmah jika kita memahami dengan baik. Dan begitulah kehidupan.

8 comments:

Anonymous said...

walaupun aku tak bisa memilikimu, aku hanya bisa mengucapkan ini setiap tahun...selamat ulang tahun, semoga kamu selalu mendapatkan yang terbaik dalam hidupmu.

*selingkuhan*

JOM said...

hahaha... wahai anonymous yang merasa jadi selingkuhan gw. i know who you are... hehehe.... :D
Aduhh, kalimat selingkuhan tuh provokatif sekaleee, kl ntar "ada yg baca" bisa salah tafsir neh. hihihi... :D

Anonymous said...

Jika cinta bisa membuat seorang perempuan setia pada satu lelaki, kenapa cinta tidak bisa membuat lelaki bertahan dengan satu perempuan?

JOM said...

Hai lind, dalam agama jelas dikatakan bahwa salah satu tujuan menikah adalah menyempurnakan 1/2 dari agama. Tapi lelaki jaman sekarang kyknya gak mau setengah2, maunya 1 s/d 2. So, akhirnya mereka nikahnya ampe 2x,3x and 4x. biar sempurnanya 2 sekalian. hahaha... (ini yang pemahamannya keblinger ajah lind.. :D ) piss..

Anonymous said...

Sepertinya kenal dengan tokoh2 dibalik kisah perselingkuhan ini...

JOM said...

Hi another anonymous. sayang sekali kok pk id anonymous. Kali ajah gw sedang menceritakan dirimu. no wonder kan kl dirimu kenal. Huehehe... :D

Anonymous said...

Iya emang.. gue yang jadi "Diah". Jadi gue gak perlu sebutin nama aslinya kan.. ? secara elo udh kenal juga kan.. ;;)

JOM said...

Hehehe... pis yo maniss.... yeahh, i know who you are. ;)

Semua adalah Guru

 Alam terbentang menjadi Guru, pepatah tua yang penuh makna ini tentu bukan sekedar kata-kata biasa. Kita belajar dan bisa mengambil pelajar...