Tuesday, June 03, 2008

Bertambah "Satu", Berkurang "Satu"

Sang waktu trus bergulir tiada pernah henti dan tak akan pernah berhenti. Dimulai dari terbit matahari hingga tenggelam dan kemudian terbit kembali. Dan begitulah setiap harinya berulang dan terus berulang. Seiring bergulirnya waktu, hari pun berganti hari, bulan berganti bulan dan tahun berganti tahun. Bagi seorang anak manusia yang ketika ia terlahir ke dunia, maka saat ia menghirup udara dan menangis pertama kalinya dijadikanlah acuan sebagai hari kelahirannya. Ketika hari berganti hari, sang anak pun trus tumbuh dan berkembang.

Karena 1x bumi berputar pada porosnya membutuhkan waktu 24 jam maka dijadikanlah acuan hari atau pergantian hari. Dan ketika bulan mengelilingi bumi membutuhkan waktu kurang lebih 30 hari maka dijadikanlah acuan sebagai bulan atau pergantian bulan. Dan ketika bumi mengelilingi matahari membutuhkan waktu kurang lebih 365 hari, maka dijadikanlah acuan sebagai perhitungan tahun atau pergantian tahun. Oleh karenanya, kita akan trus mengalami perulangan hari bulan dalam setiap tahunnya. Dan tahun pun akan terus berganti setiap melewati periode tersebut.

Maka tak heran jika ketika seorang anak manusia terlahir kemudian waktu bergulir dan akhirnya kembali terulang dimana anak manusia tersebut mengalami pengulangan hari kelahirannya disebut sebagai hari kelahiran atau Birthday. Dan banyak pula diantara kita yang bahkan mengadakan pesta atau sekedar syukuran pada hari kelahirannya dan setiap orang yang dekat dengannya akan mengucapkan Happy Birthday. Dan inilah yang baru saja saya alami, tepat tanggal 2 juni 2008 saya mengalami pengulangan hari kelahiran saya, bertambah "Satu" berkurang "Satu".

Apakah maksudnya...? Setiap kita merayakan hari kelahiran maka yang paling gampang kita ingat adalah bertambah "satu", berkurang "satu". Maksudnya adalah usia kita seiring berjalannya waktu akan trus bertambah dalam hal angka seperti usia 1 thn, 2 thn, 3 thn, ......, dst. Namun angka tersebut tidak seterusnya bertambah karna ia akan menemukan batas maksimalnya. Kok yah batas maksimal...? inilah yang dimaksud berkurang "satu", bahwa kita sudah diberikan ketetapan usia hidup oleh Sang Pencipta. Maka ketika kita sudah sampai pada usia yang ditetapkan oleh Tuhan, itulah saatnya kita akan kembali kepada Sang Pencipta. Sesungguhnya ketika usia kita bertambah "satu" maka sekaligus berkurang "satu".

Hal yang biasanya dialami oleh setiap orang dihari kelahirannya adalah mendapatkan ucapan selamat sekaligus doa dari sanak family, teman-teman, kerabat dan para sahabat serta orang-orang tersayang. Ucapan selamat dari sanak family mungkin sudah menjadi hal yang lumrah, tapi ucapan dari seorang teman, kerabat dan sahabat serta orang-orang tersayang atau orang yg pernah kita sayang pasti menjadi sesuatu yang istimewa. Hal ini menunjukkan betapa mereka memberikan perhatian kepada kita.

Hal lainnya yang tak kalah penting adalah harapan serta doa yang biasanya kita panjatkan seiring kita bertambah usia. Maka harapan yang gw panjatkan disaat hari kelahiran gw tak lain dan tak bukan hanya mengharapkan kucuran berkah, rahmat dan ridho-Nya Tuhan dalam setiap langkah hidup gw serta dalam setiap tarikan nafas gw. Semoga Allah SWT senantiasa menjadikan gw sebagai hamba yang senantiasa bersyukur atas segala karunia yang telah Ia berikan dan senantiasa sabar serta ikhlas menerima apa yang telah menjadi ketetapan dan ketentuan-Nya. Membuat Gw menjadi lebih bisa bersikap lapang dada, legowo jika menerima suatu cobaan hidup serta bisa lebih dewasa dan bersikap bijaksana dalam menyikapi suatu persoalan dan keadaan. Harapan lain atau doa yang juga senantiasa orang panjatkan adalah diberikan kemurahan serta kluasan rezki dan pastinya enteng jodoh bagi yg blum menemukan jodoh (uhuy... ) :D

Itulah secercah doa yang biasa dipanjatkan khususnya dihari kelahiran gw ini. Dan gw jg mo mengucapkan banyak terimakasih kepada teman-teman gw yang telah mengucapkan selamat hari lahir sekaligus mendoakan gw dihari kelahiran gw ini. Tak ada kata yang bisa gw ucapkan selain ucapan terimakasih dan semoga Tuhan memberikan kebaikan untuk kita semuanya khususnya kalian-kalian yang telah mendoakan gw. Aminn allahumma aminn... :)


2 comments:

Anonymous said...

semoga semua doanya dikabulin Allah, amin amin Allahumma amin :)

happy belated bday cul, ditunggu traktirannya ya :D

JOM said...

Hi lind, thank u yahh. trakirannya tergantung hadiahnya lind. huehehe.. :D

Semua adalah Guru

 Alam terbentang menjadi Guru, pepatah tua yang penuh makna ini tentu bukan sekedar kata-kata biasa. Kita belajar dan bisa mengambil pelajar...