Thursday, June 26, 2008

The Secret Code

Seorang teman mengirimkan sebuah teka-teki melalui sebuah email untuk memecahkan sebuah code dari sebuah soal dan petunjuk-petunjuknya untuk membuka sebuah file. Soal dan petunjuknya sebagai berikut:

Seorang laki-laki mau masuk ke ruang kerjanya, tetapi ia lupa dengan

passwordnya, yang dia ingat hanya lima angka. Berikut petunjuk untuk
lima angka tersebut:

1. Angka ke lima di tambah angka ke tiga sama dengan empat belas
2. Angka ke empat lebih besar satu angka dari angka ke dua

3. Angka pertama lebih kecil satu angka dari dua kali angka ke dua

4. Angka ke dua di tambah angka ke tiga sama dengan sepuluh

5. Jumlah keseluruhan angka tersebut sama dengan tiga puluh


Berapakah kelima angka tersebut?
Jawabannya merupakan kunci untuk membuka File tersebut.

Kemudian saya tergelitik untuk mencoba dan dalam waktu beberapa detik code pun terpecahkan. Dan bukan saya bermaksud sombong telah mampu memecahkan code tersebut tapi ternyata ada seorang teman yang menerima email yg sama dengan saya juga mencoba tuk memecahkan code tersebut tapi blum berhasil. Ketika saya berkata saya sudah memecahkan codenya ia pun menghampiri saya tuk melihat apa isi dari file tersebut, yang ternyata hanya list sebuah nama dan pekerjaan atau komen dari orang-orang yg telah memecahkan code tersebut. Rupanya teman saya penasaran lalu kembali ke mejanya dan berusaha kembali memecahkan code tersebut. Tak ada kabar lagi apakah teman saya berhasil memecahkannya atau tidak.

Teka-teka ini sejujurnya membuat saya berpikir tentang bagaimana kita melihat dan memecahkan sebuah persoalan dari petunjuk-petunjuk yang ada. Lagi-lagi bukan saya bermaksud sombong telah memecahkan code, tapi yang ingin saya sampaikan adalah bagaimana cara kita menterjemahkan soal diatas kedalam bentuk sederhana atau mencoba menggambarkannya dan kemudian mengikuti petunjuk-petunjuk diatas. Petunjuk diatas nanti memang akan terbukti benar namun bukan berarti petunjuk-petunjuk itu harus runut kita ikuti. Disinilah mungkin saya berpikir bagaimana kita harus memulai langkah pertama tuk memecahkan soal ini. Langkah pertama sangat penting sekali karena akan menuntun kita pada langkah selanjut, dst. Yang pada akhirnya akan menuntun kita kepada keberhasilan memecahkan code tersebut.

Dari soal diatas, saya coba mengasosiakan ketika kita dihadapkan pada sebuah persoalan dalam kehidupan ataupun ujian kehidupan. Ketika kita merasa buntu menemukan solusi, mungkin karena kita terlanjur menilai betapa sulit persoalan yang kita hadapi tanpa mencoba mensederhanakannya atau juga kita dihadapkan pada kebingungan pada langkah awal yang harus kita kerjakan tuk menyelesaikan ataupun menghadapi persoalan tersebut. Keberanian diri tuk mencoba dan pantang menyerah adalah kunci keberhasilannya. Jikalau kegagalan yang kita dapati bukan berarti akhir dari segalanya melainkan sebuah awal dari keberhasilan. Karena ketakutan mencoba adalah hambatan terbesar dalam diri kita. Dan semoga kita bisa mengatasi rasa ketakutan itu dan mau tuk mencoba dan berusaha sekuat tenaga demi sebuah keberhasilan. Amiin.

Menurut saya soal diatas blum terlalu rumit apalagi disertai dengan petunjuk yang jelas. Dan bagi anda yang berhasil memecahkan soal diatas, saya ucapkan selamat karena anda termasuk orang-orang yang gigih tuk mencoba dan berusaha. Mungkin ada yang dalam waktu singkat memecahkan code tersebut dan ada yang butuh waktu lama tapi usaha dan kegigihan yang dilakukan adalah sebuah proses tuk melatih dan membentuk pola pikir kita dalam memecahkan sebuah persoalan. Semoga, itulah harapan saya.

11 comments:

Linda said...

boleh kasih bocorannya gak hehehehe
bukannya sombong nih walau nyobanya berkali2 tp nemu juga codenya :D

HeiDi said...

aku berhasil membacanya!!!!
aku pintarrrrrrr hauhauhauaauhauah...

JOM said...

to: linda dan heidi aka oneng.

Selamat yahh... kalian telah berhasil memecahkannya. kalian memang cerdas :)

bekerja said...

google emang cerdas.... wkakaka

gw bukak pakek googling, bagian yg bikin ketemu ternyatah...

3. Angka pertama lebih kecil satu angka dari dua kali angka ke dua????

g paham maksudnya gw.... hm...
matematik gw rendah sih kk....

Anonymous said...

Well said.

Anonymous said...

74658

Vini Nandi Rahma said...

udah pecahin kode nya. klo udah pecahin kodenya, di apain? katanya jawabannya itu kunci untuk membuka file. file apa?

achul said...

@Vini : Hi Vini, selamat sudah memecahkan kodenya. Filenya hanya list orang2 yang sudah memecahkan kodenya saja kok. Salam kenal jg. :)

Anonymous said...

gampang skali sech....

indra said...

ada yg lebih susah ga??

Anonymous said...

Paswordnya adalah...
74658

Semua adalah Guru

 Alam terbentang menjadi Guru, pepatah tua yang penuh makna ini tentu bukan sekedar kata-kata biasa. Kita belajar dan bisa mengambil pelajar...